4 Cara Menjaga Kesehatan dan Menghindari Stress Selama Liburan

Libur panjang, tuh, bisa terasa amat singkat kalo dihabiskan dengan banyak aktivitas. Kamu pasti ngerasa, kayaknya baru kemarin H-1 libur, kok sekarang udah mau masuk kuliah atau kerja aja! Pengennya me-refresh pikiran, tapi karena padatnya jadwal liburan, kamu malah jadi stress pas balik ke rutinitas. Sayang banget, kan? Supaya itu nggak terjadi, kamu bisa mempraktikkan cara menjaga kesehatan dan menghindari stress selama liburan berikut!

Menjaga Kesehatan dan Menghindari Stress Selama Liburan

Apakah definisi liburan menurutmu? Momen terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat. Liburan juga bisa diartikan sebagai waktu yang tepat untuk menghilangkan kejenuhan akibat padatnya aktivitas.  Namun, nggak jarang liburan justru bikin stress dan kesehatanmu nge-drop, loh! Apalagi kalau liburanmu diisi dengan aktivitas yang lumayan padat. Gimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut!

1. Tulis Catatan Harian

Kalo kamu ngalamin stress berat sebelum liburan, cara yang tepat untuk meredakannya adalah dengan merawat diri. Kamu dapat memulainya dengan menulis tentang stress yang dialami dan masalah apa yang menjadi penyebabnya secara rinci.  Dr. David Topor dari Harvard Medical School mengatakan bahwa harapan yang terlalu tinggi merupakan pemicu utama stress dan emosi negatif pada seseorang. Maka dari itu, di samping menceritakan perasaan negatif, penting juga untuk mengucapkan rasa syukur supaya kamu bisa mengapresiasi diri sendiri.

2. Lakukan Latihan Fisik Ringan

Ingin punya target olahraga selama liburan? Boleh-boleh aja, kok. Tapi, jangan melakukannya secara berlebihan karena justru bikin daya tahan tubuhmu menurun dan berujung jatuh sakit. Nggak banget, kan? Masa waktu berlibur yang seharusnya dihabiskan dengan jalan-jalan malah dinikmati di tempat tidur?

Kamu juga nggak disarankan untuk mengalihkan kebutuhan olahraga saat liburan dengan membersihkan rumah atau shopping seharian. Lebih baik, pilih lakukan workout yang menenangkan, kayak jalan kaki paling tidak 30 menit per hari. Namun, pastikan kamu meninggalkan ponsel atau alat pemutar musik di rumah, ya!

3. Lakukan Meditasi Ringan

Cara menjaga kesehatan dan menghindari stress selama liburan yang satu ini bermanfaat untuk menjernihkan pikiran sekaligus mengenal dan memahami emosi yang kamu rasakan dengan baik. Kamu bisa membuat jadwa khusus untuk melakukan meditasi ringan saat liburan. Nggak usah lama-lama, cukup 5 menit aja. Kalo kamu rutin melakukannya, bisa jadi kebiasaan, tuh! Bahkan setelah liburan usai.

Ketika meditasi, tutup matamu dan fokus lah pada teknik pernapasan. Guna mengidentifikasi suara dan aroma di sekitar, libatkan lah indera pendengaran serta penciumanmu. Biarkan pikiranmu mengalir sesekali guna memproses setiap emosi yang dirasakan, baik positif, negatif maupun kombinasi keduanya.

4. Jaga Kesehatan Fisik

Selama liburan, kamu, kan, nggak terkekang sama waktu dan pekerjaan. Sehingga, kamu bebas untuk melakukan segala aktivitas. Nah, hal ini bisa bikin jadwal harianmu yang teratur menjadi tidak menentu. Pola makan dan jam tidur pun turut kena imbasnya.

Oleh karena itu, kamu harus tetap merawat diri, ya! Supaya memperoleh istirahat yang berkualitas dan nutrisi yang cukup guna meningkatkan kesehatan fisik. Kalau kamu sedang diet, jangan melakukannya terlalu ketat. Kamu boleh, kok, mengonsumsi camilan yang disukai sesekali, tapi imbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi, ya!

Jika kamu khawatir pola makan jadi berantakan selama liburan akibat tergoda oleh makanan yang dijumpai saat jalan-jalan, biasakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Dengan demikian, kamu nggak akan kalap!

Dengan menerapkan cara menjaga kesehatan dan menghindari stress selama liburan, kamu bisa lebih menikmati quality time, entah sendirian maupun dengan keluarga dan teman-teman. Tentunya, kamu dapat kembali ke rutinitas dengan penuh semangat!