Postur tubuh nggak hanya menunjang penampilan fisik, melainkan punya peran yang amat penting bagi kesehatan. Jika kamu sering ngalamin berbagai masalah, kayak nyeri punggung, pegal-pegal dan tubuh terasa kaku, padahal sebelumnya nggak melakukan aktivitas yang berat, kemungkinan penyebabnya adalah postur tubuhmu yang buruk.  Tentunya agar terhindar dari masalah-masalah tersebut, kamu perlu menerapkan tips memperbaiki postur tubuh yang tidak ideal di bawah ini!

Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk

Nggak hanya berdampak pada penampilan, punya postur tubuh yang kurang ideal juga bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu. Emang, sih, efeknya nggak bakal dirasakan saat itu juga, tapi berangsur-angsur. Umumnya, orang dengan postur tubuh demikian kerap mengalami berbagai masalah kesehatan, beberapa di antaranya ialah nyeri pada punggung dan leher, pegal-pegal di area bahu, muncul selulit hingga gangguan pernapasan.

Hal tersebut dikarenakan caramu duduk, berdiri dan berjalan kaki mempengaruhi organ-organ dalam tubuh. Oleh karenanya, jangan remehkan postur tubuh yang tidak ideal. Soalnya, tubuh kita udah dirancang agar fungsi antara satu dengan lainnya. Bila terlanjur, kamu bisa menerapkan tips memperbaiki postur tubuh yang tidak ideal berikut:

1.     Bungkuk

Postur ini ditandai dengan kedua bahu naik, hampir menyentuh telinga. Kerap terjadi pada mereka yang kelamaan duduk menghadap komputer dengan posisi yang salah atau menunduk ketika melihat layar smartphone.

Untuk memperbaiki postur tubuh membungkuk, kamu dapat duduk dengan tegak di kursi yang permukaannya rata serta lumayan kokoh. Letakkan kedua tangan di sisi kiri dan kanan pinggul dengan lurus. Lalu tempelkan telapak tangan di permukaan kursi.

Angkat pantat dan pinggul dari kursi dengan memberi tekanan pada telapak tangan serta bahu. Kamu dapat menahan posisi ini selama 5 detik dan mengulanginya sebanyak 12 kali.

2.     Bahu Membengkok ke Depan

Kondisi ini umumnya dialami para pekerja kantoran yang posisi duduknya terlalu tinggi. Tentu mereka harus menunduk supaya kedua tangannya bisa mengetik, bukan? Untuk mengeceknya, kamu bisa melemaskan kedua tangan di sisi kiri dan kanan tubuh. Apabila kedua ujung jempol menghadap ke paha, bukan ke depan, artinya bahumu membengkok terlalu dalam.

Guna mengatasinya, cara yang paling efektif adalah dengan melakukan latihan inverted row, yakni teknik menggantungkan diri pada bar dengan posisi tubuh yang sejajar. Nggak ada waktu buat ke gym? Terapkan latihan berikut di rumah.

Awali dengan berdiri tegak membelakangi dinding. Lalu, tempelkan punggung dan bagian belakang kepala ke dinding. Angkat kedua lengan sampai sikumu membentuk sudut 90 derajat. Tempelkan kedua lengan ke dinding. Angkat kedua telapak tanganmu perlahan sejauh yang kamu bisa. Setelah itu, turunkan lagi dan ulangi sebanyak 12 kali.

3.     Pantat Menungging

Posisi pantat menungging atau terlalu terangkat ini biasanya dialami oleh ibu hamil, wanita yang kerap memakai sepatu high heels dan pria yang memiliki perut buncit. Untuk mengatasinya, lakukan gerakan plank. Ulangi sebanyak 8-10 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Guna mengetahui postur tubuhmu sudah ideal atau belum, silakan berdiri di hadapan cermin seukuran badan. Kalau bisa, minta lah orang terdekat untuk memotret tubuhmu dari depan dan samping. Kamu dapat membandingkan hasil foto dengan gambar contoh postur tubuh ideal yang ada di internet.

Jika ternyata postur tubuhmu nggak sama dengan gambar tersebut, berarti kamu harus menjadikan tips memperbaiki postur tubuh yang tidak ideal di atas sebagai panduan guna mendapatkan postur tubuh yang tegap.